Andriawan Pratikno

Andriawan Pratikto, youtuber ini mungkin saat ini sudah menjadi dikenal banyak orang terutama para bis mania. Ulasannya tentang bis di Youtube memiliki keunikan dan kekaguman. Dia menemukan sesuatu yang dirasa pas. Entah diduga atau tidak sebelumnya kalau kontennya akan banya.

Sampai saya menulis ini, subscriber di channel youtubenya sudah mencapai 616 ribuan. Setiap videonya laku keras, dtonton oleh puluhan sampai ratusan ribu.

Andriawan Pratikto

Kelihatannya ini nama asli yang digunakan juga sebagai channelnya di Youtube.

Saya mulai tertarik melihat videonya ketika mencari-cari bus dari Jatinangor ke Depok. Walau tidak mengulasnya, namun saya melirik channel ini ketika mengulas doble decker di jurusan lain.

Saya kagum. Sedikit sekali yang mengulas tentang “kejeniusannya”dalam menemukan ceruk. Andriawan Pratikto bukanlah orang yang dikenal lebih dahulu di dunia tontonan. Namun kelihatannya merintis dari bawah untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang layanan moda transfortasi darat, khususnya Bus. Walau beberapa konten terlihat mengulas pesawat.

Melihat dari konten yang dibuatnya, saya kagum dengan banyaknya melakukan perjalanan dari berbagai arah. Misal naik Bus Rosalia Indah dari Malang ke Surabaya, sampai naik Budiman dari Bandung ke Wonogiri untuk membuat konten. Capek? Sudah pastilah. Saya adalah salah satu penggemar Bus. Langganan saya dulu Bus Suka dan Raya karena kerap bolak balik dari Tasikmalaya ke Solo atau Solo – Jakarta.

Entah berapa kali perjalanan dalam seminggu untuk membuat konten seperti yang dia buat. Kebayang lah kalau rumah akan jadi “rest area“.

Tapi, tentu saja pemirsa videonya selain mendapat tayangan yang unik dan melihat bus-bus keren di negeri ini, juga informasi yang akuran tentang perjalanan panjang sebuah bus dari tempat yang satu ke tempat lainnya.  Dari terminal ke terminal. Kata orang dulu, gede di jalan.

Tapi itulah perjuangan dalam menemukan konten yang pas. Harus dijalani dan dirasakan. Selain itu juga orisinil dalam arti memang dicoba sendiri. Terlihat tidak dibuat-buat.

Selain itu, keberanian untuk mengambil video di tengah keramaian, paling tidak di tengah banyak penumpang bagi saya adalah kelebihan lainnya. Dia pandai mengolah cara untuk menjadi konten seakan reporter televisi yang sedang meliput.

Pelajaran dari Seorang dan Channnel Andriawan Pratikno

  • Menemukan niche sesuai minat sehingga pekerjaan bisa dinikmati sempurna sehingga mendapat hasil.
  • Keberanian meliput untuk mewujudkan konten yang berkualitas.
  • Detail dalam memberikan informasi.
  • Sabar dalam ihtiar. Dia bukan seleb seperti Rans Entertainment misalnya sehingga harus membangun dari nol.

Selamat Sukses Kawan!


Foto : Channel Youtube Indriawan Praktikno

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here