youtuber

Melihat strategi youtuber sukses untuk menambah view, like dan subscriber ini memang menarik dan menjadi tantangan bagi saya yang punya keinginan memiliki semacam rumah produksi kecil-kecilan di Panumbangan yang daerahnya sudah cukup familiar.

Memang baru sedikit untuk mempelajari dan masih belum berhasil untuk coba-coba terutama dalam membuat video yang sumbernya hanya screen recording. Tapi kelihatannya strategi mereka yang sudah sukses terlebih dahulu adalah bahan pelajaran yang mungkin harus dilakukan kelak.

Strategi Youtuber Menambah View, Like dan Subscriber

Pertama, jelas konten yang utama dan nilainya sangat tinggi. Bisa saja secara coba-coba dari apapun dibuat video seperti anak saya iseng-iseng membuat video slider di handphone dengan keyword Naruto Yang Bagus ternyata dalam sehari bisa 5800 view. Sayang karena Emaknya khawatir anak saya yang baru 7 tahun itu ketagihan dan ada komentar yang kurang bagus memiliki pengaruh buruk, akhirnya ditutup dan tidak youtuban dulu. Akan tetapi sekali lagi, konten yang bagus akan mendapat tempat dari pemirsa.

Konten yang bagus memang relatif. Akan tetapi keunikan yang menghibur atau menceritakan sesuatu yang bisa pemirsa hanyut dalam keseruan, kesedihan, dan banyak lagi adalah point penting dalam pembuatan konten. Kelihatannya boleh juga untuk membuat konten yang selalu disukai, misalnya gaming dan lagu-lagu.

Bagi mereka yang memiliki keahlian sangat berarti sekali. Misalnya, Gus Aldi yang memiliki suara yang bagus untuk menyanyi ditambah dengan kemasan lucu, sangat mudah untuk viral di berbagai media masa.

Selain itu, kegiatan yang unik dan informatif. Unik seperti mancing belut yang seru misalnya. Sedangkan yang informatif bisa jadi seperti Andriawan Pratikno yang rela keliling dengan menggunakan bus antar kota untuk memberikan informasi tentang bus-bus keren di negeri ini.

Intinya konten yang menarik.

Kedua, kendati memiliki tema untuk membuat konten, kemampuan membuat video melalui software atau editing untuk mengolah video sehingga dapat dikemas menjadi lebih menarik adalah catatan tersendiri. Sebaik apapun tema konten, namun jika tidak dikemas secara bagus akan mengecewakan para pemirsa.

Ketiga, Share ke Media Sosial. Ini sangat menarik karena sebuah tantangan tersendiri pula untuk mendapat follower yang melimpah. Para youtuber senior sudah memiliki kemudahan jika video di youtube melimpah akan diikuti dengan banyaknya follower baik di facebook, instagram, twitter bahkan tik tok.

Ketiga : Kolaborasi Dengan Youtuber Lain

Saya masih terbatas melihat kolaborasi para youtuber yang memang sudah memiliki subscriber yang melimpah. Kolaborasi ini kelihatannya berpengaruh besar. Misalkan para youtuber masing-masing memiliki penggemar militan maka akan menjembatani videonya ditonton secara lintas penggemar. Tentu saja akan menambah view karena ditonton oleh kedua penggemar yang jumlahnya tidak sedikit.

Keempat : Mempelajari SEO Youtube

Nah ini yang lumayan penting terutama youtuber yang bukan dari kalangan artis tenar yang memerlukan tambahan view dan subscriber. Pengoptimalan dengan membidik kata kunci populer mungkin cukup sulit dan harus mempelajari cara terbaik supaya ketika kata kunci digunakan calon penonton, video kita berada di posisi yang baik.

Mempelajari SEO youtube adalah sebenarnya bisa jadi urutan kedua bagi pemula yang akan terjun ke youtube. Jadi setelah memmiliki konten yang bagus, sedikit banyak harus memahami seo youtube untuk mendapatkan view organik dari youtube itu sendiri atau dari mesin pencari seperti google.

Kelima Giveaway Yang Menarik. Ini lumayan menginspirasi bagi youtuber awal yang bermodal untuk mengiming-imingi hadiah bagi mereka yang subscribe atau komentar. Layak untuk dipertimbangkan. Tentu saja bisa dari modal sendiri atau ada yang mensponsori.

Sementara ini dulu pelajaran yang bisa saya ambil dari Youtuber yang sudah sukses. Insya Allah ini adalah persiapan untuk membuka rumah produksi kecil-kecilan di Panumbangan. Semoga saja bisa kerja sama dengan Pesantren sebagai upaya melanjutkan usaha dulu yang belum berhasil. Sebagaimana kita tahu Pesantren memiliki sumber daya manusia yang melimpah dan tidak kalah kreatif.

Insya Allah.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here