BAtik Nusantara

Merencanakan Kembali Untuk Keliling Indonesia, ibarat buah simalakama karena beda tipis antara merencanakan dan mimpi yang belum tercapai. Konon jangan tunjukkan mimpi akan tetapi tunjukkan apa yang sedang dikerjakan.

Tapi mengingat perlunya ditulis supaya tidak hilang begitu saja ide ini bahkan sampai terlupakan, mumpung punya blog lagi, maka kutulislah. Selain itu siapa tahu ada yang memberi masukkan pengunjung dari tiap daerah yang akan dikunjungi, sebelum saya melakukan perjalan.

Awal Ide Ingin Keliling Indonesia

Awalnya ketika istri saya jualan batik, saya mencoba mencari batik dari seluruh negeri. Kebetulan pada waktu itu ada informasi ke saya kalau tiap kabupaten harus memiliki ciri khas batik tersendiri seiring dengan kewajiban tiap perkantoran memakai seragam batik.

 

Sayang sekali tidak banyak informasi yang saya dapat. Kalaupun dulu dapat buku yang saya peroleh dari internet berjudul Batik Nusantara sangat sedikit alias tidak lengkap. Hanya dari beberapa daerah. Intinya saya ingin memiliki koleksi batik dari tiap daerah di Indonesia.

Terpikirkan saat itu pada tahun 2016 ingin berkelana untuk menyusuri seluruh negeri lewat jalur darat. Intinya selain ingin mengoleksi batik juga ingin membuat buku Direktori Batik dan sumber langsung alias memotret sendiri. Kebetulan saya suka dunia fotografi. Saya fikir ini nyambung dengan hobby.

Ide ini juga bersambung dengan terus mencari informasi di internet. Ketemulah kisah Ebbie Vebri Andrian yang sampai 9 tahun berkelana ke seluruh Indonesia dengan menerbitkan sebuah buku. Berbeda dengan Ebbie yang mengulas Keindahan Indonesia, saya ingin mendapatkan foto lasngsung hasil karya sendiri berupa Batik Nusantara, Kain Tenun dan Kerajinan Tangan.

Ebbilah yang membuat saya menggebu-gebu menginginkan waktu itu untuk segera memulainya. Saya sudah membuat team sebanyak 5 orang untuk melakukan perjalan  dengan menggunakan mobil.

Sayang waktu itu terkena kendala. Selain salah seorang dari kami tidak menunjukkan keseriusan ketika akan bertemu dengan investor, kami terkena kendala masalah usaha kami yang mulai menurun sehingga kesulitan untuk memulai langkah pertama kami.

Rencana itupula menjadi terlupakan seiring saya memulai hidup dan kesibukan baru di Panumbangan.

Mulai Riset Kembali.

Kini saya mulai riset kembali sambil menunggu redanya pandemi corona. Jika dulu direncanakan dengan mobil dan berlima, saat ini mungkin jika kesulitan pendanaan saya akan mencoba untuk merencanakan sendiri dengan menggunakan angkutan umum.

Kelihatannya dari sisi biaya tidak sebanyak dengan menggunakan kendaraan sendiri dan berlima. Hanya saja saya dituntut untuk :

  • Riset untuk effisiensi route
  • Riset beberapa objeck penghasil produk batik, kain tenun dan kerajinan tangan kembali di tiap daerah.
  • Berapa persen kemungkinan tiap kabupaten dan kota di Indonesia yang hampir 514 karena ada beberapa daerah yang kelihatannya sulit untuk dijangkau.
  • Peralatan yang simple namun effektif dan menghasilkan gambar dan video yang bagus.
  • Dukungan dari pihak lain termasuk dimungkinkan yang mensponsori karena saya tidak mungkin untuk membiayai sendiri.
  • Aspek bisnis dari perjalanan keliling Indonesia ini, dan sejauh mana perjalanan ini akan menguntungkan.
  • Belajar untuk membuat konten yang baik sehingga jika diupload ke youtube akan mengundang ketertarikan buat penonton.

Harapan Awal Mulai Perjalanan

Jika memungkinkan saya ingin memulai perjalan pada tanggal 8 Februari 2021 selama 3 tahun ke depan termasuk perhitungan cuti dan kemungkinan kendala atau kesulitan yang timbul ketika perjalanan.

Tempat mulai perjalan kemungkinan besar dari Surabaya sesuai dengan domisili pada KTP saya.

Itulah sedikit cerita tentang rencana saya kedepan. Dan catatan riset untuk tiap daerah ada pada menu Pulau dan Provinsi di atas sedangkan yang lainnya akan dicatat dalam kategori Planning.

Mohon bagi yang mampir kemari bisa memberikan komentar masukan sehingga persiapan saya bisa lebih lengkap dan matang.

Semoga Allah SWT meridhoi rencana saya. Aamiin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here