Keliling Indonesia

Sudah bulat untuk melakukan perjalanan jauh. Keliling Indonesia yang idenya sudah saya ceritakan di artikel sebelumnya. Ketika perjalanan ini masih ada di kepala sampai saat, berbagai kemungkinan sudah terpikirkan. Demikian pula masukan beberapa pihak yang baik harus dipertimbangkan dengan matang.

Banyak hal yang harus dilakukan sebelum keberangkatan. Persiapan fisik dan mental juga terutama peralatan dan hal-hal penting lainnya sebagai pendukung.

Baiklah, ini yang perlu dipikirkan dan dilakukan sebelum keberangkatan.

Aktifitas Kami Sebelum Melakukan Perjalanan Keliling Indonesia

Web Sebagai Pendukung

Kelihatannya masih tetap menggunakan alamat domain ini. Sedikit permak pada bagian tampilan. Karena selain menceritakan perjalanan kelak akan digunakan pula untuk menampung hasil kunjungan saya ke beberapa pengrajin batik, kain tenun dan kerajinan tangan. Berharap web ini akan menjadi media promosi juga.

Selain itu web ini juga tetap akan dijadikan blog cerita perjalanan. Siapa tahu ada pembaca yang ikut memberikan informasi beberapa tempat dan pengrajin yang harus dikunjungi dapat membubuhkan usulannya baik melalui komentar pada postingan atau melalu kontak langsung.

Jadi web ini akan dipelihara dan ibaratnya sebagai web resmi dalam melakukan informasi dan komunikasi dan terus akan mengalami update dan perbaikan.

Media Sosial

Mungkin beberapa minggu ke depan ketika saya sudah mempelajari dengan seksama dan setengah matang dalam persiapan, saya akan membuka akun media sosial resmi. Baru terpikirkan di Fanspage Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok. Serlain itu tentu saja youtube yang akan menampung dan menampilkan video perjalanan secara lebih panjang dan lengkap.

Untuk menampung foto-foto yang matang, flickr kelihatannya masih akan dipergunakan. Selain mencoba media lain akan dipelajari. Semakin banyak media memang bagus namun tenaga untuk memeliharanya juga harus ditambah.

Membentuk Tim

Saat ini masih mencoba untuk mencari-cari tim yang satu misi dan satu perjuangan. Tim ini selain untuk edit foto dan video juga untuk mengelola media sosial yang melimpah. Sehingga pikiran saya hanya fokus pada perjalanan dan berhubungan dengan pengrajin yang akan dikunjungi.

Mempelajari Peralatan Yang Murah, Simple tapi Bagus.

Beruntung saya menemukan banyak channel youtube yang memberikan pelajaran berharga tentang pemilihan alat untuk vlog. Pengennya sih simple banget.

Misalkan jika cukup dengan membawa hape saja, pasti akan saya lakukan jika memenuhi kriteria hape bagus, bisa menghasilkan video yang mumpuni dan murah. Saya baru merasakan Samsung A20S yang hasilnya lumayan baik untuk foto dan video.

Namun lagi-lagi ketika saya mencoba membandingkan dengan hasil yang saya gunakan dengan kamera, terutama untuk foto, kelihatannya masih jauh lebih bagus dengan hasil yang diperoleh dengan kamera. Untuk video, masih oke karena saya pernah mencoba ketika mengabadikan lewat video untuk salah satu acara manasik KBIH. Suaranyapun cukup baik.

Untuk kamera, saat ini terpikirkan untuk menggunakan mirrorless. Sangat simple. Pilihan ada pada beberapa merk. Adapun ukuran lensa kelihatannya saya hanya ingin menggunakan satu lensa sapu jagat saja dengan rentang focal length yang tidak terlalu lebar dengan bukaan syukur-syukur yang besar semisal 2.8.

Nah yang tidak kalah penting adalah tripod yang bisa dimanfaatkan untuk selfie juga. Supaya gak ribet. Ini masih mencari-cari.

Mencari Pengrajin Yang Akan Dikunjungi

Ini yang menarik. Saya harus idealis untuk memilihnya. Saya menginginkan pengrajin batik, kain tenun dan kerajinan tangan merupakan sumber langsung dengan hasilnya memiliki kualitas yang bagus.

Memang tidak setiap kabupaten akan memiliki pengrajin batik, misalnya. Akan tetap pasti ada unggulan yang bisa ditampilkan, asli dari mereka.

Selain mencari sendiri, saya juga berharap ada pengunjung yang memberikan informasi langsung kepada saya data pengrajin lengkap yang bisa dikunjungi.

Mencari Sponsor

Nah ini sangat penting juga. Saya tidak akan bisa membiayai sendiri. Keterlibatan sponsor sangat diharapkan. Namun tidak mudah untuk mencarinya. Setidaknya jika menurut mereka yang sudah melakukan perjalanan, pada 3 bulan pertama sudah mulai kelihatan.

Batik

Jadi itulah yang sedang saya pikirkan untuk Keliling Indonesia dalam rangka membuat Direktori Batik, Kain Tenun dan Kerajinan Tangan Indonesia.

Mohon masukannya.

 

 

SHARE
Previous articleMerencanakan Kembali Untuk Keliling Indonesia
Next articleKamera Yang Cocok Untuk Traveling
Nama aslinya Yayat. Blogging sejak tahun 2009, kemudian jeda seiring kedibukan di internet marketing / CPA. Suka fotografi dan saat ini sedang merencanakan untuk keliling Indonesia dalam rangka menyusun Direktori Batik, Kain Tenun dan Kerajinan Tangan asli Indonesia. Mohon dukungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here