Belajar banyak dari mereka yang sudah berhasil dan sedang melakukan keliling Indonesia baik secara backpacker atau mereka yang melakukan perjalanan dengan kendaraan sendiri. Sangat penting bagi saya terutama untuk memotivasi saya dan melihat keadaan ketika sedang melakukan perjalanan.

Beberapa memang dituturkan secara detai di youtube.

Kita bisa melihat beragam misi yang disampaikan, peralatan yang dibawa dan bagaimana cara mereka bisa berhemat dan bahkan ada yang menghasilkan penghasilan dari jalan-jalan ini.

Oke ini yang saya catat.

Mereka Yang Berhasil dan Sedang Keliling Indonesia

Ebbie Vebri Ardian

Sumber : youtube

Fotografer hebat. Karyanya luar biasa dan bisa menghasilkan foto yang lain dari pada yang lain. Keliling Indonesia penuh dengan perjuangan. Hasilnya dibukukan dalam judul buku The World Treasure.

Saya kagum ketika cerita ini saya baca di Mengenal Sosok Ebbie Vebri Ardian ini.

Yang bikin saya tercengang adalah misi memotretnya yang didahulukan. Terlihat aneka lensa dari yang kecil hingga yang besar dia boyong untuk menghasilkan foto yang diinginkannya.

Inspirasi ini yang saya ambil bahwa saya ingin membuat buku direktori dan kemungkinan situs tentang Batik, Kain Tenun dan Kerajinan Tangan Asli Indonesia.

Ric snt

Sumber Youtube

Saya suka melihat youtubenya. Dari video terakhir kelihatannya dia masih dalam perjalanan keliling Indonesia dengan modal minim.

Misinya kelihatannya memang Keliling Indonesia untuk jalan-jalan. Dia mendapat konten video lantas diunggah ke Youtube lantas menghasilkan dolar.

Perjalanan dengan dana minimum dan aksi cenderung dikatakan nekat ini yang menjadi inspirasi saya. Tips-tips terutama di video awal sangat membantu keyakinan saya bahwa jalan-jalan akan memperoleh hasil yang tidak terduga.

Andy Leeano

Walau bukan keliling Indonesia, akan tetapi menggunakan Vespa tua dari Yogya menuju Eropa (Italia) membuat saya berdecak kagum. Ke Eropa saja bisa, masa ke Indonesia yang dari sisi administrasi mungkin tidak akan serumit perjalanannya tidak bisa.

Andy Leeano kebetulan saya kenal baik dengan istrinya yang kebetulan blogger dan sering support dalam segala hal. Kenal dengan mas Andy sudah lama di Facebook walau belum pernah bertemu.

Inspirasi saya akan keberaniannya melakukan perjalanan sendiri dengan menggunakan motor ke wilayah bahkan melewati negara yang belum dikenalnya.

Sayang waktu itu youtube belum populer ya?

Mukti Harsono

Ini lebih gila lagi. Naik sepeda keliling Indonesia bahkan dikabarkan di beberapa situs berita dengan berjalan kaki.  Luar biasa. Dia tidak memotret bahkan mengabadikannya lewat video.

Sementara saya sekali lagi misinya bersilaturahmi dengan pengrajin batik, kain tenun dan kerajinan tangan kemudian dijadikan konten foto untuk buku direktori.

Masih banyak mereka yang sudah dan sedang keliling Indonesia. Sementara baru empat itu yang bisa saya catat.

Saya salut dengan mereka yang sudah mulai melakukan perjalanan. Beberapa hal yang bisa diperoleh adalah :

  • Keberanian walau dengan modal minimal.
  • Orang Indonesia itu baik-baik, insya Allah dengan keliling Indonesia kita akan banyak teman dan saudara baru.
  • Berkaca dari Ric snt, keliling Indonesia akan menghasilkan konten yang menarik yang bisa di jual walaupun masih dalam perjalanan.
  • Kepuasan yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Semoga rencana saya keliling Indonesia tidak memiliki hambatan lagi dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here