pengrajin batik

Mengumpukan data secara secara online sebagai bahan atau informasi awal dalam rangka memotret untuk Direktori ini gampang-gampang susah. Namun saya coba untuk terus mencarinya dan mencoba untuk komunikasi dengan berbagai pihak termasuk mengikuti group di facebook.

Tapi jujur saja sangat seru sekali. Menambah motivasi dan semangat untuk segera melakukan perjalanan walaupun ada sisi yang membuat turun yaitu berita tentang kenaikan kasus Covid di Indonesia.

Tapi pencarian data tetep dilakukan karena mengunjungi Pengrajin adalah tujuan untama sebagaimana yang terangkan di artikel sebelumnya.

Lihat : Beberapa Tempat Yang Akan Dikunjungi Ketika Keliling Indonesia.

Kriteria Pengrajin Yang Akan Saya Kunjungi Ketika Keliling Indonesia

  • Pertama adalah pengrajin asli, mereka yang membuat bukan mereka yang hanya berdagang. Saya akan mengabadikan lewat foto dan video proses dan hasil kerja mereka.
  • Kedua adalah yang memiliki ciri khas daerah setempat.
  • Ketiga adalah bukan industri besar namun lebih disukai industri kecil rumahan dan menengah.
  • Keempat lebih diutamakan yang berbahan dasar alami.
  • Kelima adalah continuitas dan memberikan penghasilan kepada keluarga.
  • Keenam memiliki karyawan atau semacam sentra kerajinan yang memberi dampak sosial untuk wilayah sekitarnya.

Saya tidak akan mengutip bayaran sepeserpun dari mereka yang saya kunjungi selain memiliki syarat lain yaitu saya leluasa untuk mengeksplorasi untuk keperluan dokumentasi baik foto maupun video dan sedikit obrolan tentang usaha mereka.

Jika ada informasi dari pengunjung blog ini untuk pengrajin yang akan dikunjungi silakan hubungi saya melalui email di soey.simandiri@gmail.com atau media sosial yang saya sediakan di pojok kanan bawah web ini. Kalau bisa dnegan kontak person dan alamat lengkapnya.

Mungkin juga saya kelak akan mengunjungi instansi pemerintahan setempat untuk mendapat informasi pengrajin yang akan saya temui supaya lebih afdol karena tiap kabupaten harus mendapatkan data paling tidak 1 pengrajin.

Silakan kalau ada masukan mohon bubuhkan di komentar atau melalui media lain yang sudah saya sediakan tadi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here