Balekambang Surakarta

Saya sengaja membuat channel youtube pertama ini yang khusus diperuntukkan untuk kisah keliling Indonesia kelak. Jadi tentu saja rencana saya harus terlaksana.

Saat ini tentu saja masih tahap perencanaan dan mengumpulkan informasi dan keperluan untuk itu karena keliling Indonesia itu cukup berat walaupun secara fisik insya Allah saya dapat melakukannya. Hal ini karena direncanakan perjalanan akan sesantai mungkin untuk hasil yang maksimal.

Membuat Channel Youtube

Membuat channel youtube itu mudah. Membuat kontennya yang susah. Banyak yang jungkir balik bahkan demi sebuah konten rela harus melanggar kepatutan seperti berita tempo hari yang viral.

Sayapun membuat konten youtube harus berfikir bolak-balik untuk kemungkinan keliling Indonesia.

Baiklah di bawah ini adalah video pertama saya di channel youtube saya. Video tentang rencana saya dan proposal saya.

Sukur-sukur bisa banyak yang lihat dan mendukung baik itu like, subscribe maupun komentar.

Kelak, channel ini yang akan update perjalanan saya untuk keliling Indonesia dan meliput pengrajin sebagai mana tujuan saya melakukan perjalanan.

Saya sangat serius dan mengharapkan kalau perjalanan saya ini akan terlaksana sesuai dengan bayangan saya. Dan menghasilkan sebuah Direktori Batik, kain Tenun dan Kerajinan Tangan hasil olah masyarakat Indonesia dari berbagai daerah.

Untuk video pertama ini masih dibuat onscreen di komputer karena sedikit menerangkan rencana saya di web ini. Kelak tentu saja harus syuting sebagaimana liputan youtuber lain mengambil video dengan camera.

Video pertama ini saya buat dengan menggunakan Camtasia. Sound menggunakan mic yang menyatu dengan headset.

Adapun audio diolah dengan adobe audition untuk menghilangkan noise.

Cara membuat screen recording ini saya sampaikan di Membuat Video Tutorial.

Ada yang menyarankan untuk mengunjungi terlebih dahulu masyarakat sekitar yang sekiranya lebih mudah dijangkau sambil menunggu dan mempersiapkan secara fisik sebelum perjalanan yang lebih jauh. Usulan ini saya terima. Insya Allah tiap pagi saya akan keliling wilayah Bogor dan sekitarnya, tentu saja memperhatikan protokol kesehatan mengingat saat ini Covid semakin merebak. Semoga saja ada pengrajin terdekat yang memenuhi kriteria.

Banyak PR yang harus didilaksanakan, salah satunya adalah belajar optimisasi youtube dan media sosial supaya channel saya bisa ditonton banyak orang dan mendapatkan manfaat sekaligus kritik untuk perbaikan.

Itulah. Keseriusan itu memang harus mulai dibangun supaya kelihatan seriusnya walau dimulai dari kecil.

Mohon masukan dan dukungannya supaya perjalanan saya kelak akan sangat lancar dan berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here