Rencana Rute Keliling Indonesia

Rencana saya untuk keliling Indonesia sudah masuk ke tahap rute, menghubungi rekan dan pengrajin dari daerah yang akan saya kunjungi.

Sangat menarik karena cukup memakan waktu juga untuk riset secara online pengrajin yang akan dikunjungi. Dan ternyata cukup banyak terutama di daerah Jawa Timur dimana memiliki kabupaten terbanyak di Negeri ini.

Rencana Rute Keliling Indonesia

Mulai dari Surabaya

Kemarin pagi saya mendapat informasi dari Kecamatan Ploso kalau KTP saya bisa diambil antara tanggal 10-15 Januari 2021. Otomatis saya harus ke Surabaya pada tanggal sekitar itu. Nah demi effisiensi pula sedang dipertimbangkan untuk memulai tanggal itu alias dipercepat 1 bulan dari rencana keliling Indonesia pada tanggal 8 Februari 2021.

Saya di Surabaya mungkin akan memakan waktu yang lama, karena harus mengurus SIM juga yang sudah habis masa berlakunya. Kondisi ini akan saya manfaatkan untuk bertemu dengan kawan-kawan lama di Surabaya termasuk blogger, youtuber, fotografer dan influencer yang sudah saya kenal sebelumnya.

Beberapa pengrajin ada yang harus ditemui. Pengrajin batik khas Surabaya dengan warna alami adalah salah satunya. Demikian pula pengrajin berbahan baku hasil laut di daerah sekitar pantai Kenjeran akan menjadi agenda tersendiri.

Gresik adalah kabupaten kedua. Selama setahun saya pernah tinggal di daerah ini. Saya akan menemui kawan yang dulu berjuang ketika bisnis CPA untuk mendapat informasi lebih jauh tentang Gresik.

Setelah itu menggunakan moda darat, menyebrang jembatan Suramadu untuk menuju Madura dengan jalur Selatan yang dimulai daerah Sampang. Saya insya Allah akan bertemu dengan kawan lama ngeblog di daerah Pakong, Pamekasan selain mengunjungi pengrajin batik dan pengrajin lainnya.

Kelihatannya di Madura ini juga akan memakan waktu lama paling tidak satu mingguan. Saya akan melakukan perjalanan detail di Sumenep sebelum kembali melalui jalur Utara dan akan berlama-lama di Tanjung Bumi untuk melihat proses pembuatan Batik Gentong yang terkenal itu.

Di Madura ini akan diakhir di Bangkalan sebelum kembali ke Surabaya dan akan melanjutkan ke Pasuruan.

Pasuruan langsung ke Malang adalah pilihan menarik karena ketika akan menuju Probolonggo kemungkinan saya akan melalui jalur Tumpang yang melewati Bromo jika kondisi aman mengingat jalur ini adalah jalur pendakian Gunung Semeru yang sedang aktif.

Jawa Timur bagian Timur ini akan diakhiri di Banyuwangi melalui jalur dari Lumajang dan Jember. Saya harus menyempatkan ke Blambangan karena cita-cita saya lama dimana daerah ini belum sempat saya kunjungi dulu ketika sering mengunjungi daerah Tapal Kuda dan sekitarnya. Mudah-mudahan saya bisa ketemu kawan lama di Jember.

Tahap Pertama ini akan saya tuntaskan perjalanan menyeberang ke Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur lantas kembali ke Surabaya kemudian cuti di Surakarta.

Saya buatkan juga versi videonya.


Inilah rencana saya. Jika ada yang mampir kemari dari daerah yang akan saya lalui, silakan berkomentar untuk memberikan informasi apapun terutama pengrajin batik, kain tenun dan kerajinan Indonesia yang harus saya kunjungi sesuai dengan kriteria yang sudah saya sampaikan.

Ringkasan Rencana sudah saya susun sebelumnya, bisa dilihat di sini.

Semoga bisa terlaksana tanpa hambatan yang berarti. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here