Keliling Indonesia Sendiri

Banyak yang bertanya, kenapa saya memiliki rencana sendiri atau single travel untuk keliling Indonesia, apa tidak takut?

Menggelitiklah pertanyaan itu, dan saya coba terangkan ketika obrol-obrol dengan tetangga dan beberapa teman melalui WA.

Bagi yang baru mengunjungi web ini, bisa melihat dulu resume saya melakukan perjalanan supaya kelihatan misinya apa.

Baiklah

Ini Alasan Saya Akan Melakukan Keliling Indonesia Sendirian

Pertama, mengirit biaya. Jika saya sendiri bebas melakukan dan memilih alat transportasi. Backpacker, dari referensi yang saya lihat dan saya baca memiliki lika liku yang tidak sedikit. Pahit manis harus disiapkan sehingga saya harus memutuskan cukup membawa diri sendiri dulu. Lain cerita jika diperjalanan akan menemukan teman senasib dan seperjuangan.

Kedua, sulit mencari yang satu visi terutama untuk memotret pengrajin karena kebanyakan yang utama untuk melakukan traveling adalah melihat keindahan dan tempat wisata. Memotret batik, kain tenun dan kerajinan tangan hanya menjadi bagian dari perjalanan wisata, bukan yang utama.

Ketiga, perjalanan ini tidak diburu waktu. Saya harus mengeksplore dengan tenang dan santai pengrajin di daerah tertentu.

Keempat, inti dari semua adalah saya mengurangi aneka perdebatan yang tidak perlu dari berbagai aspek. Saran dan masukan saya coba nanti melalui media sosial, antara lain melalui web ini, quora, facebook, instagram, twitter dan linkedin akan dioptimalkan.

Lantas Apakah Tidak Takut?

Negeri ini terkenal ramah. Yang penting bisa menjaga diri. Untuk hubungan antar warga di negeri ini yang berbeda baik kebiasaan, budaya dan lainnya wajib dipelajari sehingga kita tidak merasa gagap untuk mengunjungi wilayah tertentu.

Kendala di perjalanan tentu saja akan ada dan mungkin akan banyak. Saya harus pandai memilih dan memilah itu semua. Saya harus memahami terlebih dahulu dengan mempelajarinya dari referensi yang tersedia di internet.

Saya mencoba menyingkirkan ketakutan namun harus mempersiapkan antisipasi kemungkinan kendala yang sementara ini yang bisa dibaca sejak awal.

Strategi awal yang mungkin dilakukan adalah mencari jalur termudah dan terbayang terlebih dahulu, sebagaimana yang saya sampaikan di artikel memilih rute perjalanan.

Tentu saja akan menemukan juga hal-hal di luar dugaan. Semoga Allah SWT selalu memberi petunjuk dan perlindungan dan meridhoi rencana perjalanan ini.

Sementara itu dulu.

SHARE
Previous articleRencana Rute Keliling Indonesia
Next articleGunung Sawal Dot Com, Apakah Hanya Tinggal Kenangan?
Nama aslinya Yayat. Blogging sejak tahun 2009, kemudian jeda seiring kedibukan di internet marketing / CPA. Suka fotografi dan saat ini sedang merencanakan untuk keliling Indonesia dalam rangka menyusun Direktori Batik, Kain Tenun dan Kerajinan Tangan asli Indonesia. Mohon dukungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here