Tukang Touring Motor

Tukang Touring Motor. Sesuai nama channelnya, dia cerita tentang kegiatan touring sendirian menelusui jalan se Indonesia. Keliling Indonesia. Bagi saya sangat menarik untuk diikuti sebagai bahan belajar.

Ini pas denga rencana saya yang ingin Keliling Indonesia sendirian. Walau belum tentu sama naik motor, setidaknya ada referensi satu lagi yang lebih detail. Memang baru beberapa yang saya lihat videonya, tapi sekali lagi, menambah referensi.

Tukang Touring Motor

Dari penelusuran saya, Channel Youtube ini dikelola oleh Haris Munawar Lubis. Mahasiswa yang sedang kuliah di Yogyakarta, namun berasal dari Tapanuli Tengah.

Salah satu youtuber yang ramah. Komentar saya semua direply. Tidak hanya like dowang. Bagi saya ini sangat penting. Selain menunjukkan keramahan dan sebagai konsekuensi vlog yang berbeda dengan televisi yang searah. Vlog memiliki kolom komentar seperti halnya blog yang ada komunikasinya.

Mungkin juga belum sebanyak yang subscriber yang jutaan dengan komentar yang ribuan. Tapi paling tidak reply dengan memilih komentar yang relevan terutama menjawab pertanyaan adalah sangat dianjurkan dalam youtube.

Perjalanan mas Haris ini kelihatannya tidak berkesinambungan. Terlihat di komentar setelah tour Sumatera, kembali lagi ke Yogyakarta. Mungkin kelak ketika waktu luang atau setidaknya dia sudah menjadwalkan, akan kembali berangkat entah kemana.

Channel Youtubenya tidak melulu mengenai touring, tapi banyak tips tentang menghandle tunggangan atau motornya yakni Yamaha Byson.

Sebagaimana para youtuber, media sosial lain yang sering menjadi andalan adalah instagram. Mas Harispun membuka Akun Instagram yang followernya sudah mencapai ribuan.

Banyak foto yang memperlihatkan kegiatan touringnya baik sendiri maupun berkelompok.

Bagi saya channel youtube mas Haris ini sangat menarik dan layak untuk diikuti terutama bagi mereka yang menyukai touring menggunakan sepeda motor, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Lainnya tentu saja banyak yang menarik dari youtuber perjalanan sebagaimana saya pernah ditulis di sini.

Lihat juga Rencana Saya Keliling Indonesia.

Sukses terus Mas Haris!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here